Ijazah PKBM (Paket) Laku Seperti Ijazah Formal. Di Universitas Madinah pun Diterima..



Tahun 2006, Menteri Pendidikan Nasional membuat surat edaran yang menegaskan bahwa ijazah Paket A/Paket B/Paket C setara secara hukum dengan ijazah SD/SMP/SMA.


Surat bernomor: 107/MPN/MS/2006 tersebut ditujukan kepada Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara, Kepala Staf TNI AD, TNI Al, TNI AU, Kapolri, Kepala BKN, dan Rektor Universitas/Direktur Politeknik/Ketua Sekolah Tinggi.


Isi dari surat edaran itu menegaskan tentang status hukum Ijazah Paket A (setara SD), Paket B (setara SMP), dan Paket C (setara SMA) yang harus diperlakukan setara secara hukum dengan ijazah sekolah.


Pokok-pokok isi dalam surat edaran Mendiknas:

Setiap orang yang lulus ujian kesetaraan Paket A, Paket B atau Paket C masing-masing memiliki hak eligibilitas yang sama dan setara dengan berturut-turut pemegang ijazah SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA/SMK untuk dapat mendaftar pada satuan pendidikan yang lebih tinggi.Status kelulusan program pendidikan kesetaraan Paket C memiliki hak eligibilitas yang setara dengan pendidikan formal dalam memasuki lapangan kerja.Setiap lembaga diminta mematuhi ketentuan perundang-undangan tersebut di atas agar tidak diindikasikan melanggar Hak Asasi Manusia.

“Eligibilitas Ijazah Paket A/B/C di mata hukum setara dengan ijazah sekolah“


Peraturan Menteri (Pa Bambang Sudibyo) Tahun 2012. Ijazah Paket Sama Derajatnya dan memiliki Civil Efect dengan ijazah Formal. BERHAK MELANJUTKAN KE JENJANG BERIKUTNYA, Berhak PNS (Termasuk Menjadi Polisi dan TNI) 

Ijazah paket pun berlaku untuk mendaftar ke Universitas Islam Madinah ( UIM ) yang penting di ijazahnya Tertera KOP ada gambar Pancasila dan Tulisan Kementerian yang jelas.





Sebuah pesantren besar dengan ribuan Santri di Solo Jawa Tengah sampai hari ini masih menggunakan Ijazah Paket karena dengan PKBM menjadikan Pesantren MERDEKA Dalam meracik kurikulum Ilmu Syar'i terutama Jam Tahfidz.


Ustadz Khudori Sirojuddin

Mudir Pesantren Inklusi Griya Sunnah 


_____

PENDAFTARAN Siswa Baru PKBM (Paket A, B dan C) 


Berkas Diterima paling lambat 30 September 2024


Persyaratan :


1. KTP/KK Orang tua

2. Ijazah Asli sekolah asal

3. Foto berwarna 

4. Akte Kelahiran

5. NISN jika ada


Berkas Asli discan kirim via 

wa.me/6281317002011


Biaya :

Paket A (Ijazah SD) Rp. 2 Juta

Paket B (Ijazah SMP) Rp. 3 Juta

Paket C ( Ijazah SMA) Rp. 3.5 Juta


Ujian insya Allah bulan April 2024.

____

Info : 

wa.me/6281317002011

0 Komentar